Citra Iblis Bertanduk Nyengir di Lukisan Gereja


Citra Iblis Bertanduk Nyengir di Lukisan Gereja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CITRA IBLIS – Lukisan dinding karya seniman lukis Italia, Giotto yang menggambarkan proses kematian Saint Fransiskus dari Assisi. Setelah puluhan abad, baru saat ini terkuak terdapat citra iblis bertanduk yang tengah tersenyum.
Berita Lainnya

Citra iblis bertanduk tengah ‘nyengir’ muncul di lukisan karya pelukis ternama, Giotto, di langit-langit Gereja Basilica Assisi, Roma. Imaji iblis bertanduk yang tengah tersenyum itu baru diketahui setelah terabaikan selama berabad-abad.

Ahli sejarah seni, Chiara Frugoni mengatakan dia telah menghabiskan 30 tahun meneliti alur di lukisan yang ada di bagian atas Tonggak Gereja Umbrian. Kendati puluhan tahun meneliti, baru kini perempuan peneliti itu melihat sebuah citra yang sebenarnya adalah bentuk ruang kosong dalam gambar awan.

Lukisan dinding Gereja di Assisi, terletak di Perugia, Italia, merupakan karya Giotto. Giotto merupakan seniman asal Fiorentia. Giotto terkenal dengan gaya lukisan yang menggambarkan sosok dan figur manusia, aliran yang menandai adanya evolusi seni di akhir abad ke-13.

Dilansir AP, Frugoni menjelaskan ia tak sengaja menemukan citra iblis bertanduk tersebut. Saat itu, ia hanya berniat untuk meneliti waktu pasti kapan pembuatan lukisan karya Gietto yang menggambarkan kematian Saint Fransiskus dari Assisi tersebut. Frugoni menyebut lukisan tersebut dilukis pada tahun 1289.

“Terlihat sangat jelas,kok. Banyak orang tak tahu karena mereka tak memperhatikan. Sekarang, saya akan memastikan semua orang akan mengetahui di mana letak citra (iblis) dalam lukisan itu,” ujar Fugoni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s