Lagi, FPI Ditolak Di Kaltim


Aksi penolakan terhadap Front Pembela Islam (FPI) di Kalimantan terus meluas. Setelah dua minggu lalu ditolak di Palangkaraya Kalteng, di Balikpapan sejumlah elemen Ormas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Kalimantan Bersatu (FMKB) menggelar aksi menolak FPI, Senin (20/2)

Meski FPI tidak berdiri di Balikpapan, mereka tetap mendesak agar Pemkot tidak memberikan izin pendirian ormas ini. Mereka bahkan meminta agar pemerintah membubarkan FPI ini dari bumi Kalimantan.

Di dalam FMKB bergabung antara lain Geppak, Gepak, Brigade Manguni, LPADK, PADK, Banser dan GP Anshor. Selain membawa masing-masing bendera Ormas, mereka juga memakai seragam dari masing-masing organisasi.

Dalam pernyataan sikap yang ditujukan untuk Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanudin Solong, mereka menyatakan bahwa Indonesia terdiri dari banyak suku, bahasa, ras, dan agama. Mereka menyatakan bahwa masyarakat Kalimantan cinta damai, persatuan dan kesatuan. Keberadaan FPI dikhawatirkan dapat merusak kebersamaan tersebut.

“Apabila FPI tidak membubarkan diri dari Kalimantan secara sukarela, maka segenap elemen di Kalimantan akan mengambil sikap dan tindakan yang tegas demi terciptanya kerukunan umat beragama di Kalimantan dan NKRI,” ucap kordinator aksi, Gabriel Bayer, dalam orasi di depan Balaikota tersebut.

Ia juga meminta agar aparat hukum tidak takut menindak kelompok yang anarkis dan mengganggu kondusifitas kota.

Kepala Kesatuan Bangsa Polisi Pamong Praja (Kesbangpol) Balikpapan, Syaiful Bachri mengatakan hingga kini Pemkot belum pernah menerima pendaftaran pendirian FPI. Ia akui hingga kini tidak pernah ada pembentukan FPI di Balikpapan.

Syaiful menegaskan, permintaan yang disampaikan sejumlah ormas patut dipertimbangkan jika ada hal-hal yang bertentangan dengan maksud dan tujuan didirikan organasasi kemasyarakatan.

“Dua tahun lalu juga pernah ada penolakan. Tapi sampai saat ini tidak pernah ada permohonan untuk ajukan diri pembentukan FPI,” ungkapnya, Senin (20/2).

Sampai tadi malam pihak FPI belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangannya atas aksi ini.

4 thoughts on “Lagi, FPI Ditolak Di Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s