Peluang Bisnis Unik, Es Krim Citarasa Tempe


Tempe kini telah berubah tidak hanya menjadi makanan pokok sehari-hari tetapi telah dikembangkan menjadi jenis produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satunya es krim dari bahan baku tempe atau es krim tempe.

ES krim tempe yang bernama fit-es ini, bermula ketika seorang Peneliti dari LIPI yaitu Agustine Susilowati, sangat menyukai es krim tetapi dia tidak ingin gendut dan tetap sehat ketika memakan es krim. Agustine menciptakan es krim dari bahan tempe dan kemudian dipatenkan pada tahun 2001.

Menurut Yustina, Staff Bidang Kerjasama Komersial LIPI, kepada detikFinance beberapa waktu yang lalu. Es krim yang memiliki banyak manfaat ini, saat ini produk inovatif ini masih dipasarkan oleh LIPI. Yustina juga menyebutkan berbagai macam manfaat dari es krim tempe, yaitu:

Mudah dicerna karena banyak serat dari kedelai
Mengandung isoflavon glikon dari jamur tempenya itu sebagai antioksidan pencegah kanker
Bersifat hipokoleterolemik yaitu dapat menurunkan kadar lipid darah yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah,
Mengandung zat anti bakteri yang dapat memperkecil peluang infeksi.

Selain itu, Yustina menyebutkan selain memiliki berbagai macam manfaat, es krim tempe ini juga memiliki berbagai macam rasa yang dapat memenuhi selera para penikmat es krim semua umur.

“Ada rasa vanilla, mocca, pandan, coklat, melon, kiwi, dan pisang ambon,” imbuhnya kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Yustina menambahkan, es krim tempe ini bisa dikonsumsi siapa pun dan bisa dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet, mengidap penyakit diabet, jantung, kolesterol. Termasuk bagi mereka yang memiliki pantangan untuk mengkonsumsi terlalu banyak gula, lemak hewani, dan lain-lain.

“Tetapi dengan ini (es krim tempe), bisa tetap makan es krim tapi tetap sehat juga,” ujarnya.

Untuk jenis es krim tempe ini terdapat ada 3 varian yaitu: regular, vegetarian, dan diet. Khusus yang varian diet ditujukan kepada konsumen-konsumen yang sedang menjalani proses diet.

“Terus yang vegetarian juga, kalau di es krim umum kan mengandung susu dan zat-zat hewani, itu merupakan pantangan bagi para vegetarian, nah
karena semua mengandung nabati, maka es krim vegetarian ini aman dikonsumi bagi para vegetarian,” tambahnya

Harga es krim tempe ini relatif sangat murah dan terjangkau jika dibandingkan manfaatnya. Harga per cup (gelas es krim) yaitu Rp 5.000. Kedepannya, harga terebut akan bisa ditekan lagi dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak karena saat ini masih dipasarkan dan diproduksi oleh LIPI.

“Kita berharap ada mitra kerja, untuk memproduksi dan mendistribusikan es krim tempe ini. Ke mall, super market, dan masyarakat umum. Karena sekarang sudah ada es krim dari tempe, serta dengan kerjasama ini harganya bisa lebih murah daripada di produksi sendiri,” jelasnya.

Jika anda tertarik untuk memesan es krim tempe atau menjalin kerjasama untuk memasarkan dan memproduksi produk ini. Anda dapat menghubungi.
Pusat Inovasi LIPI:

info@inovasi.lipi.go.id

Atau bisa datang ke Bidang Kerjasama
Komersial Gedung A LIPI Lantai 3, Jln. Jend. Gatot Subroto No. 10 Jakarta
============================================================================================================================================================================================================================================

Sumber: http://finance.detik.com/read/2012/04/09/113909/1887696/480/peluang-bisnis-unik-es-krim-citarasa-tempe

7 thoughts on “Peluang Bisnis Unik, Es Krim Citarasa Tempe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s